Stroke : Penyebab, Gejala dan Cara mengobati

stroke
stroke

Stroke merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada bagian otak, adanya penyumbatan aliran darah menuju ke otak sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat disebut juga stroke iskemik sedangkan pecahnya pembuluh darah disebut stroke hemoragik.

Jika hal tersebut terjadi maka akan membuat sebagian area otak mati dan membuat bagian tubuh yang dikendalikan oleh otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Gejala yang muncul misalnya seperti kelumpuhan, gangguan bicara, pengelihatan mendadak terganggu , hilang keseimbangan saat berjalan, sakit kepala tiba-tiba.

Stroke adalah kondisi yang sangat darurat dan harus segera diatasi sebelum terlambat. Penanganan yang cepat dapat membantu meminimalkan resiko besar yang mungkin terjadi.

Penyebab stroke

Dari semua orang yang menderita stroke yaitu 80% mengalami stroke iskemik.  Stroke iskemik terjadi ketika ada gangguan / penyumbatan pada pembuluh darah yang membawa darah menuju ke otak. Hal ini dapat berakibat kurangnya pasokan darah ke otak.

Stroke Iskemik dibagi menjadi 2 bagian :

  1. Stroke trombotik, penyebabnya adalah adanya darah yang menggumpal di pembuluh darah sehingga menyumbat aliran darah yang akan bawa ke otak. Penyebab gumpalan darah ini adalah lemak yang menumpuk di arteri (aterosklerosis) sehingga menyebabkan menurunnya aliran darah.
  2. Stroke embolik, penyebabnya adalah penggumpalan pembuluh darah yang terbentuk di bagian tubuh lain yang kemudian terbawa sampai ke otak dan tersangkut di pembuluh darah.

Sedangkan Stroke Hemogarik ini terjadi ketika arteri di pembuluh darah pecah sehingga darah tumpah di otak. Darah yang mengisi ruang otak ini kemudian menekan otak dan sel-sel dan jaringan otak mengalami pembengkakan atau bahkan rusak. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab stroke hemoragik ini.

Ada beberapa faktor yang dapa memicu meningkatnya resiko stroke;

  • Faktor kesehatan: hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas
  • Faktor gaya hidup: merokok, kurang olahraga, mengkonsumsi obat-obat terlarang, mengkonsumsi alkohol
  • Faktor lain: faktor keturunan (ada anggota keluarga yang pernah mengidap stroke), usia( usia tua lebih berisiko mengalami stroke dibandingkan dengan usia muda)

Pengobatan stroke

Pengobatan Stroke Iskemik : Pengobatan ini lebih berfokus untuk mengatur jalannya pernapasan, mengontrol tekanan darah dan upaya mengembalikan aliran darah yaitu dengan Penyuntikkan rtPA, Obat antiplatelet, Obat antikoagulan, Obat antihipertensi, Statin, Endarterektomi karotis dan Angioplasti.

Pengobatan Stroke Hemoragik : Pengobatan ini pada penangan awal bertujuan untuk mengurangi tekanan darah yang ada pada otak dang pengendalian peredarah darah yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan dan operasi. Pemberian obat ini bertujuan untuk menurunkan tekanan darah di otak , mencegah kejang,dan  membantu menurunkan tekanan darah. Sedangkan operasi, bertujuan untuk memperbaiki pembukurh darah yang pecah di otak dan mengurangi tekanan pada otak.

Pencegahan Stroke

Stroke masuk kedalam daftar penyakit yang dapat menyebabkan kematian serius, penyakit stroke dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Maka dari itu, rubah gaya hidup anda untuk mengurangi resiko stroke sebelum terlambat.

  • Kurangi Konsumsi Garam
  • Konsumsi Makanan Sehat
  • Kurangi Kolestrol Jahat
  • Berhenti Merokok
  • Rutin Berolahraga Setiap Pagi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*