Lupus : Penyebab, Gejala dan Cara mengobati

Penyakit Lupus
Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun ,  penyakit peradangan kronis ini disebabkan oleh dimana sistem kekebalan tubuh seseorang itu menyerang sel-sel tubuh, jaringan, dan organ tubuh yang sehat itu sendiri yg kemudian berakibat pada peradangan kronis. Bagian dan orgaan tubuh yang diserang oleh lupus meliputi ginjal, sel darah, jantung, otak, kulit dan paru-paru.

Pada dasarnya sistem imun itu melindungi tubuh dari infeksi yang menyerang tubuh itu sendiri akan tetapi pada penderita lupus, sistem kekebalan tubuh pada seseorang malah berbalik menyerang tubuh itu sendiri.

Penyebab Penyakit Lupus

Sebenarnya belum diketahui jelas apa penyebabnya namun diduga lupus lebih banyak menyerang wanita ketimbang pria dikarenakan faktor lingkungan dan genetik. Akan tetapi beberapa mengatakan bahwa lupus bisa disebabkan oleh penggunaaan obat-obatan yang berarti ini hanya berlangsung sementara yaitu hanya ketika mengkonsumsi obat tersebut saja setelah beberapa bulan berhenti mengkonsumsi obat maka lupus akan menghilang.

Ada beberapa jenis lupus diantaranya;

Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE), ini adalah kasus lupus yang paling sering di jumpai, lupus ini menyerang beberapa organ yaitu, kulit, ginjal, dan kulit

Lupus eritematosus kutaneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE) , lupus ini masih bagian dari SLE, penampakan lupus pada kulit yg berdiri sendiri.

Lupus akibat penggunaan obat, disebabkan oleh penggunaan obat yg menimbulkan gejala-gejala seperti lupus dan hanya bersifat sementara yang kemudian akan menghilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah berhenti mengkonsumsi obat.

Lupus Eritematosus Neonatal, lupus yang terjadi pada bayi yang baru lahir yang disebabkan oleh autoantibodi. biasanya hanya terjadi pada kulit tidak menyerang organ2 lain. Bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya.

Gejala Penyakit Lupus

Pada penderita SLE gejala yang sering terjadi yaitu merasa lelah, muncul ruam-ruam pada kulit (biasanya berbentuk kupu-kupu atau disebut dengan butterfly rash) dan merasa nyeri pada persendian. Kemudian beberapa gejala lainnya yaitu ;

  • Demam
  • sariawan
  • Sakit kepala
  • rambut rontok
  • Mata kering
  • Hilang ingatan
  • Jari tangan dan kaki memutih atau membiru bila terkena udara dingin.

Cara Mengobati Lupus

SLE sebenarnya tidak bisa disembuhkan dan hal yang dapat dilakukan yaitu hanya dengan pengobatan yang bertujuan untuk mengatasi gejala yang ditimbulkan , mencegah kerusakan pada organ akibat lupus dan meringankan dampak yang ditimbulkan oleh gejala lupus.

Beberapa obat-obatan juga diberikan pada penderita lupus namun obat yang diberikan penderita lupus yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Karena tergantung jenis lupus apa yang diderita. Dibawah ini merupakan beberapa obat yang diberikan bagi penderita lupus ;

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi.
  • Kortikosteroid, diberikan untuk mengurangi peradangan yang terjadi.
  • Hydroxychloroquine, untuk mengatasi gejala utama pada lupus seperti nyeri pada sendi dan otot, ruam pada kulit dan kelelahan.
  • Obat Imunosupresan, obat ini akan menghambat kerusakan organ ¬†yang diakibatkan oleh lupus namun ada beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini umumnya yaitu muntah, nafsu makan berkurang, diare, kejang-kejang dan sakit kepala.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*