Penyakit liver : Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Hati merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi penting untuk kelangsungan kerja organ-organ tubuh lainnya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar organ hati dapat bekerja dengan baik.

Kerusakan pada organ hati disebut dengan penyakit liver, liver merupakan kondisi dimana adanya gangguan kesehatan pada organ hati yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hati memiliki dua bagian yang disebut lobus di kanan dan kirinya. Fungsi yang paling utama adalah menyaring darah yang ada di bagian pencernaan sebelum diedarkan ke seluruh tubuh.

Dibawah ini adalah beberapa fungsi hati bagi tubuh manusia diantaranya:

  1. Membantu pembekuan darah
  2. Metabolisme lemak, hati memproduksi empedu dan juga kolesterol untuk mencerna dan trensportasi lemak.
  3. Metabolisme protein, hati menghasilkan zat penting uttuk membentuk protein guna melawan infeksi .
  4. Metabolisme karbohidrat, hati juga membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.
  5. Metabolisme obat-obatan dan racun , hati menyaring dan membersihkan zat-zat yg ada dalam tubuh sehingga dapat di buang melalui urine.
  6. Metabolisme hemoglobin, hati menyimpan bahan baku untuk membantu membentuk hemoglobin dan membersihkan biliburin yang dapat membuat tubuh menjadi kuning apabila jumlahnya berlebihan di dalam tubuh

Penyebab Liver

Hati dapat meregenerasi sel-selnya yang rusak dengan cepat tetapi apabila jumlah kerusakan nya sudah banhak maka hal ini dapat menggangu proses kerja organ hati. Saat ini, liver teridentifikasi memiliki lebih 100 jenis penyakit dengan sebab yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah beberapa penyebab penyakit hati , diantaranya;

  1. Sirosis, merupakan terbentuknya jaringan parut dikarenan rusaknya sel hati yang memiliki damapk buruk bagi fungsi hati. Penebab sirosis salah satunya konsumsi alkohol yang berlebihan.
  2. Infeksi virus hepatitis (B , C) ketika hati telah terinfeksi virus ini dalam jangka yang panjang maka akan berisiko pada kanker hati.
  3. Merokok, sebagian penyebab kanker hati adalah merokok.
  4. Sistem kekebalan tubuh lemah, imunitas yang rendah lebih berisiko terserang penyakit haiti dibanding orang yang memiliki sistem kekebalan tubug yang kuat.
  5. Riwayat keluarga, jika keluarga anda memiliki riwayat penyakit hati maka anda berisiko terserang penyakit ini karena hubungan yang sedarah.

Gejala Penyakit Liver

Beberapa gejala penyakit hati berbeda-beda setiap orangnya, hal ini tergantung pada jenis dan apa penyebabnya diantaranya yaitu;

  • Merasa mual dan muntah
  • Hialngnya nafsu makan
  • Urine berwarna kuning gelap atau seperti teh
  • Mata dan kulit berubah menjadi kuning
  • Kulit gatal-gatal
  • Tungkai dan kaki membengkak
  • Mudah memar

Cara Mengobati Penyakit Liver

Untuk mengobati penyakit hati ini kita juga perku meninjau jenis beserta penyebabnya.  Memperbaiki gaya hidup dan membiasakan hidup sehat juga dapat mengatasi penyakit liver. Apabila sudah berada  di tingkat yang serius penyakit liver biasanya diatasi dengan mengkonsumsi beberapa obat-obatan,  atau bahkan sampai transplatasi hati.

Untuk mencegah semua itu maka sebaiknya anda meghindari hal-hal atau penyebab-penyebab penyakit ini. Menghindari adalah cara yang paling terbaik saat ini sebelum terlambat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*