Campak : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Campak adalah sebuah infeksi virus yang biasanya ditandai dengan munculnya ruam atau bercak merah di seluruh tubuh dan penyakit ini masuk dalam kategori penyakit menular.

Infeksi yang menyerang sistem pernapasan ini, biasanya penderita akan mengalami batuk, mata merah, muncul binti-bintik merah di kulit dan juga merasakan demam. Apabila campak terjadi pada bayi hal ini harus segera diatasi karena apabila kondisinya semakin memburuk maka dapat berakibat kematian.

Campak disebabkan oleh virus (Morbili virus). Campak atau rubeola merupakan penyakit yang dapat menular melalui udara dan juga air liur yang telah terinfeksi. Ketika virus telah menyebar diudara, kemudian virus tersebut dapat tetap hidup di permukaan benda-benda. Apabila anda melakukan kontak langsung dengan benda tersebut maka anda akan beresiko terinfeksi  virus tersebut.

Saling berbagi minum dari gelas atau peralatan makan orang, saling berbagi peralatan mandi, berbagi dalam penggunaan pakaian yang terinfeksi campak bisa meningkatkan resiko terkena campak. Karena virus ini telah menempel pada peralatan tersebut.

Virus juga bisa meyebar melalui percikan air dari bersin atau batuk yg mana virus ini kemudian terangkat ke udara dan meyebar. Umumnya penyakit campak lebih sering menimpa pada bayi,namun bisa juga mengenai pada seseorang yg belum pernah mengalami campak atau mungkim belum di vaksinasi campak.

Gejala Penyakit Campak

Biasanya gejala penyakit campak tidak langsung muncul, melainkan setelah 2 hari sejak virus memasuki tubuh si penderita, diantaranya;

  1. Mata merah
  2. Demam
  3. Mata terasa sesitif terhadap cahaya
  4. Bercak putih di tenggorokan
  5. Sakit tenggorokan
  6. Terasa seperti pilek (hidung tersumbat, hidung beringus dll)

Setelah beberapa hari kemudian bercak-bercak merah kecoklatan akan bermunculan di kulit sekitar belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher  dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh. Bercak-bercak ini biasanya muncul setelah 3 sampai 5 hari sejak terinfeksi dan bertahan hingga tujuh hari. Ciri-ciri bercak ini yaitu berwarna kemerahan,gatal dan timbul  Beberapa mungkin akan mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.

Cara Mengobati Penyakit Campak

Sebenarnya sistem kekebalan tubuh pada manusia secara otomatis akan melawan virus tersebut. Virus biasanya akan hilang dalam waktu dua sampai tiga minggu. Namun apabila kondisi nya semakin parah maka diperlukan penanganan yang lebih itensif seperti rumah sakit.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk meringankan gejala campak yaitu;

  1. Banyak mengkonsumsi air untuk mencegah dehidrasi
  2. Minum obat pereda rasa sakit, untuk anak jangan berikan aspirin apabila masih dibawah 16 tahun
  3. Menghindari sinar matahari apabila mata masih sensitif terhadap cahaya matahari
  4. Banyak beristirahat untuk membantu mengambalikan sistem kekebalan tubuh

Pencegahan Polio

Untuk mencegah penyakit polio maka anda perlu menjaga kebersihan pribadi dengan baik dan juga menjaga kebersihan sanitasi publik untuk mencegak penyebaran polio, disamping itu langkah terbaik pencegahan polio adalah melakukan vaksinasi atau imunisai polio.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*