Bronkitis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis merupakan suatu kondisi peradangan pada bronkus (cabang tenggorokan). Akibat peradangan ini permukaan bronkus membengkak atau menebal. Penyakit bronkitis juga lebih banyak mengeluarkan dahak yang membuat saluran pernafasan menjadi menyempit.

Biasanya penyakit bronkitis bersifat ringan, kebanyakan hanya terjadi selama 10 hingga 14 hari. Walau ringan, penyakit ini tetap sangat mengganggu, karena disertai dengan sesak nafas, dada terasa memberat, dan mengalami batuk secara berkepanjangan.

A. Bronkitis akut

Bronkitis akut disebabkan oleh adanya infeksi dan juga iritasi di saluran pernafasan. Pada bronkitis akut ini biasanya diikuti dengan batuk-batuk berdahak ataupun tidak berdahak. Jenis ini biasanya terjadi selama kurang lebih sekitar 6 minggu.

B. Bronkitis kronis

Bronkitis jenis yang kedua adalah bronkitis kronis. Penyebab bronkitis ini pertama adalah karena adanya peradangan pada bronkus yang terjadi lama dan berulang. Kedua, bisa karena paparan gas beracun dan berbahaya yang dihirup terus menerus. Pada bronkitis ini umumnya ditandai dengan batuk berdahak saja tetapi dalam jangka waktu yang lama yaitu lebih dari 6 minggu.

Penyebab Bronkitis

Penyebab utama bronkitis adalah infeksi pada saluran pernafasan. Secara umum bronkitis bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Virus

Virus yang menyerang pada penderit bronkitis adala virua influenza A, influenza B, RSV, rhinovirus, parainfluenza, adenovirus, atau coronavirus.

2. Bakteri

Biasanya bakteri-bakteri yang bisa menimbulkan bronkitis adalah bakteri streptococcus pneomoniae, chlamydia pneumoniae, moraxella catarrhalis, dan haemophilus influenza.

3. Merokok

Merokok merupakan penyebab utama seseorang terserang bronkitis kronis karena rolok dan asapnya tersebut.

4. Polusi udara

Bronkitis seringkali disebabkan oleh polusi udara seperti yang ada di tempat kerja. Contohnya dari asap kendaraan, asap pabrik, asap tembakau, asap kebakaran hutan, dan juga dari bahan-bahan kimia.

Gejala Bronkitis

Seseorang yang menderita bronkitis akan sering mengalami batuk, namun terkadang juga ada yang sampai mengeluarkan lendir berwarna kuning keabu-abungan yang kental. Penderita akan mengalami batuk selama beberapa minggu, setelah gejala lain hilang. Batuk yang berkelanjutan dapat membuat anda merasakan nyeri dibagian dada dan oto perut.

Berikut ini Gejala Lainnya :

  1. Batu-batuk dan adanya lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau.
  2. Nafas sesak.
  3. Tenggorokan sakit.
  4. Hidung tersumbat dan terus mengeluarkan ingus.
  5. Dada terasa sakit.
  6. Demam ringan.
  7. Kelelahan.

Cara Mengobati Bronkitis

Penyakit bronkitis biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Dalam kondisi yang lama mungkin saja gejala yang timbul bisa sampai 3 bulan.

Tetapi tidak ada obat khusus untuk menangani penyakit ini. Yang harus anda lakukan sebaiknya perlu mengurangi menghirup udara yang tidak sehat di luar dan juga jangan merokok, karena akan memperparah gejala yang sudah terjadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*