Bisul : Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Penyakit Bisul
Penyakit Bisul

Seperti yang kita ketahui, bisul merupakan salah satu penyakit yang sering kita jumpai. Bisul adalah benjolan yang berwarna kemerahan dan berisi nanah. Bisul tumbuh di kulit tepatnya di lubang tempat tumbuhnya rambut atau folikel rambut.

Penyebab tumbuhnya bisul yaitu infeksi bakteri pada kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasanya mudah menginfeksi pada bagian kulit yang rusak atau terluka karena cedera kecil.

Bisul berpotensi tumbuh di tubuh bagian luar atau permukaan kulit seperti wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Hal ini terjadi karena bagian ini yang paling sering terkena gesekan dan juga berkeringat. Sedangkan bisul yang tumbuh di kelopak mata itu biasa disebut dengan bintitan.

Bila anda menjumpai benjolan pada kulit anda berwarna kemerahan dan terasa sakit atau nyeri kemungkinan akan tumbuh bisul. Jika benar bisul maka benjolan ini akan semakin membesar, berisi nanah, dan kemudian akan pecah jika sudah matang. Hal ini tentu  akan terasa sangat sakit jika bisul sudah sangat besar.

Penyebab Bisul

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini membuat pembengkakan di bagian kulit yang terinfeksi. Rasa nyeri juga menyertai bengkak di kulit dan berwarna kemerahan.

Bisul bisa terjadi pada siapa saja beberapa faktor yang menjadi penyebab tumbuhnya bisul yaitu kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan memiliki masalah pada kulit seperti kulit yang mudah meradang.

Gejala Bisul

Bisul biasanya tumbuh pada permukaan kulit yang berbulu seperti ketiak, kepala, leher, wajah, dan paha yang sering berkeringat. Gejala awal bisul yang timbul diantaranya seperti yang kami sebutkan dibawah ini :

  • Muncul benjolan kecil kemerahan
  • Benjolan lama kelamaan akan membesar
  • Benjolan terasa nyeri
  • Bengkak disekitar benjolan, berwarna merah, jika benjolan terasa hangat itu pertanda bahwa infeksi telah menyebar pada kulit disekitar benjolan
  • Puncaknya benjolan berwarna putih kekuningan yang berarti terdapat nanah di dalamnya dan kemudian akan pecah dengan sendirinya. Saat itulah, bisul akan mengering dan sembuh.

Cara Mengobati Bisul

Sebenarnya penyakit ini tidak memerlukan penanganan medis yang serius. Anda dapat melakukan beberapa penanganan sederhana yang  bisa dilakukan dirumah. Cara yang sangat mudah dilakukan dibawah ini :

  1. Kompreslah bisul dengan air hangat sebanyak 3x sehari
  2. Kompresan tersebut bertujuan agar mempercepat proses pecahnya bisul.
  3. Gunakan kain kasa beserta alkohol untuk membersihkan bekas bisul yang pecah
  4. Lalu tutup dengan kain kasa yang steril
  5. Gantilah perban sesering mungkin sekitar 2 sampai 3 kali sehari.
  6. Dan jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah mengobati bisul.

Perlu diingat bahwa memecah bisul secara paksa dapat memperparah infeksi dan bakteri dapat menyebar. Jadi lebih baik anda menunggu sampai bisul pecah dengan sendirinya. Untuk meredakan rasa sakit dan nyeri anda bisa mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*