Batuk : Penyebab, Gejala dan Cara mengobati

Batuk adalah penyakit yang paling sering kita temukan terjadi baik pada  orang yang sudah tua maupun anak-anak. Batuk pada umumnya merupakan gejala flu. Batuk berpotensi menular karena ketika seseorang batuk maka bakteri langsung menyebar ke udara. Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka akan mudah terinfeksi bakteri ini.

Batuk merupakan respons alami dari tubuh ketika mendapat gangguan atau  serangan dari luar  sebagai sistem pertahanan saluran pernapasan. Batuk biasanya akan sembuh dalam waktu 3 minggu jadi tidak memerlukan pengobatan yang intensif. Pengobatan alami juga sangat efektif untuk meredakan batuk seperti air madu dan lemon.

Jenis batuk ada dua yakni, batuk kering dan batuk berdahak. Pada batuk berdahak, produksi lendir meningkat dan terdapat dahak di tenggorokan. Sedangkan batuk kering tidak disertai lendir dahadi teggorokan.

Penyebab Batuk

Penyebab batuk biasanya kibat dari infeksi saluran pernapasan. Batuk akibat infeksi virus ini biasanya dapat reda dalam beberapa hari saja. Namun batuk di kelompokkan menjadi dua yakni  batuk akut dan batuk kronis bergantung pada  seberapa lama batuk telah berlangsung.

Beberapa faktor penyebab batuk akut diantaranya;

  • beberapa penyakit kronis seperti asma dan bronkitis
  • rhinitis alergi atau hay fever
  • polusi udara

Sedangkan batuk kronis biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa dan jarang terjadi pada anak-anak. batuk kronis ini pada umumnya merupakan gejala dari penyakit serius seperti TBC, kanker paru-paru dan gagal jantung. Beberapa penyebab batuk jangka panjang ini yaitu;

  • merokok
  • konsumsi obat-obatan (resep dokter)
  • infeksi saluran pernapasan
  • postnasal drip
  • penyakit kronis

Gejala Batuk

Pada batuk kering biasanya seseorang merasakan gatal di bagian tenggorokan rasa gatal inilah yang kemudian memicu batuk. Batuk ini tidak disertai dahak dan biasanya terjadi ketika pilek akan berakhir. Sedangkan batuk berdahak, tenggorokan akan memproduksi lendir yang berlebih yang disebut dahak. Disini batuk malah sangat membantu untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

Cara Mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk  itu sendiri terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan. Pengobatan batuk dapat dilakukan dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi beberapa obat herbal yang dapat dengan mudah kita temukan seperti air jahe, air madu dan lemon. Cara ini terbukti ampuh untuk membantu meredakan batuk.

Sebenarnya batuk dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari jika sistem kekbalan tubuh telah memusnahkan virusnya. Namun batuk akibat infeksi virus belum ditemukan cara yang paling tepat untuk menyembuhkannya.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan batuk diantaranya;

  • berhenti merokok
  • mengkonsumsi obat seperti paracetamol dan ibuprofen
  • perbanyak minum cairan, guna membantu mencairkan dahak yang ada di tenggorokan
Zara Ramadhani :