Asam Urat: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit dengan rasa nyeri dibagian sendi. Penyakit ini disebabkan konsumsi zat purin secara berlebihan sehingga menumpuk pada persendian.

Purin yang ada dalam tubuh akan diolah menjadi asam urat, dan ketika kadar asam urat berlebih maka ginjal tidak bisa mengeluarkan dan akhirnya kristal-kristal asam urat tadi akan menumpuk di persendian. Biasanya penyakit ini akan terasa nyeri, bengkak, bahkan meradang.

Asam urat biasanya dialami oleh orang yang berusia lanjut (orang yang sudah tua), namun tidak berarti untuk anak muda bisa terlepas dari penyakit ini. Bagian tubuh yang sering terserang asam urat atau seringkali terasa nyeri adalah bagian jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Kadang-kadang juga bisa menyerang bagian lengan tangan, pergelangan tangan, dan siku-siku. Selain itu, bisa juga menyerang pada bagian tulang belakang.

Kadar asam urat normal yaitu untuk perempuan sebesar 2,4 hingga 6,0 mg/dl dan untuk laki-laki sebesar 3,4 sampai 7,0 mg/dl. Apabila ketika anda periksa hasilnya lebih dari itu, mungkin anda harus konsultasi secara khusus dengan dokter anda.

Penyebab Asam Urat

Setiap penyakit yang datang tentu ada penyebabnya, berikut ini merupakan contoh-contoh makanan yang dapat menyebabkan kadar asam urat naik (makanan yang mengandung zat purin tinggi) dan perlu dikurangi untuk menhindari asam urat :

  1. Makanan Laut. Contohnya: Kepiting, ikan teri, kerang-kerangan, ikan makarel dsb
  2. Jeroan (hati, ginjal, jantung dsb)
  3. Daging (daging sapi, daging kambing, dan lain-lain).

Gejala Asam Urat

Seringkali gejala asam urat muncul secara tiba-tiba, terkadang muncul pada pagi hari, siang, maupun pada malam hari bahkan tengah malam. Waktunya pun tidak bisa diprediksi, bisa sampai berjam-jam, atau bisa juga sampai 1 hingga 2 hari. Bahkan untuk kondisi yang parah mungkin bisa terjadi antara 6 hingga 12 bulan.

Anda perlu mewaspadai ketika muncul gejala asam urat, berikut ini merukana gejala asam urang yang paling umum terjadi / dirasakan oleh penderita asam urat seperti :

  1. Rasa nyeri yang sangat parah dan tiba-tiba. Biasanya terjadi dipagi hari.
  2. Sendi berwarna kemerah-merahan.
  3. Disekitar sendi terasa panas.
  4. Sendi terasa lunak dan juga bengkak.

Cara Mengobati Asam Urat

Asam urat sering kali menyerang persendian seperti (siku pergelangan tangan, tumit, dengkul, jari tangan atau kaki), rasa nyeri, ngilu, dan kesemutan akan dirasakan pada pagi hari / malam hari. Semakin parah asam urat maka akan menyebabkan sakit yang luar biasa sehingga sulit untuk bergerak / berjalan.

Setiap penyakit pasti ada obatnya, jika anda sudah mengalami asam urat maka perlu kontrol terlebih dahulu ke dokter untuk melihat tingkat keseriusan asam urat yang sedang anda alami. Agar asam urat tidak bertambah parah maka anda perlu melakukan beberapa hal :

1. Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti:

  • Jeroan (ati, ampela, usus, babat, dan lain-lain).
  • Makanan laut (cumi, udang, kepiting, dan kerang).
  • Makanan kaleng (sarden, ekstrak daging, kornet, dan lain-lain).
  • Kuah atau kaldu kental

2. Menghindari makanan berwarna hijau pekat seperti emping, melinjo, kangkung, bayam, daun singkong, buncis, kembang kol, dan lain-lain.

3. Menghindari kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, tauco, tempe, tauge, dan oncom).

4. Menghindari makan durian, air kelapa, nanas, dan alpukat.

5. Menghindari minuman beralkohol

Pengobatan asam urat dalam dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang dapat mengobati penyakit asam urat yaitu: tomat, labu kuning, jahe, sawi putih, sawi hijau, belimbing wuluh, buah naga, jeruk, pepaya, dan stroberi, singkong, kentang, pisang dan ubi. Kombinasikan dengan olahraga teratur untuk melatih dan menguatkan persendian Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*